Senin, 11 Mei 2020

Mengulas lebih dalam tentang Pencil bait dan Stickbait




Stickbait handmade berbahan kayu buatan Bronx_Lure
Umpan merupakan bagian yang terpenting dalam memancing. Segala teknik memancing yang kita gunakan pada umumnya membutuhkan yang namanya umpan, baik umpan alami maupun umpan tiruan. Pada artikel ini penulis akan kembali mengulas tentang umpan buatan atau biasa disebut artificial lure. Artificial lure yang akan dibahas kali ini adalah articial lure yang jika dilihat dari segi bentuk serupa tapi tak sama. Pencil bait dan stickbait jika dilihat sekilas kedua lure ini mempunyai bentuk yang sama dan mempunyai action yang sama juga yaitu zig-zag atau WTD (Walk The Dog). Bahkan para pemula di dunia castinger tidak mengetahui perbedaan antara pencil bait dan stickbait karena banyak sekali persamaan diantara kedua artificial lure ini. Mari kita bahas apa saja perbedaan dari kedua lure ini dan penggunaan efektifnya.

1. STICKBAIT 


Jenis lure yang satu ini sudah tidak asing lagi oleh para penggemar casting freshwater, lure ini terbukti ampuh untuk mengelabuhi ikan-ikan predator penghuni sungai berarus deras. Tidak hanya itu stickbait juga sangat efektif digunakan untuk memancing teknik casting di area danau, waduk, atau tempat yang berair tenang dengan target keluarga ikan snakehead.
Stickbait termasuk lure dalam jenis top water atau mengambang di permukaan air sehingga ketika lure dimainkan akan terlihat sangat jelas dari action walk the dog lure tersebut. Lure jenis ini idealnya memiliki panjang 3cm - 20cm dengan berat 3gram - 25gram, karena lure berjenis ini di khususkan untuk memancing di area perairan air tawar ukuran lure ini tidak terlalu besar dan berat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mencoba memainkan stickbait di area pantai dengan target ikan - ikan pelagis.

Landed ikan kuwe dengan stickbait Bronx_lure

Landed ikan kuwe dengan stickbait Zerek Z-dog

Beberapa foto saat lure ini digunakan untuk memancing di perairan berarus deras :

Landed ikan gabus dengan stickbait

Landed ikan hampala dengan stickbait

2. PENCIL BAIT


Pencil bait tipe floating dari Sebile

Lure jenis ini terbagi menjadi 2 tipe yaitu pencil bait tipe floating atau mengambang dan pencil bait tipe sinking atau tenggelam. Pencil bait tipe floating biasanya dipergunakan di perairan air tawar dan perairan air payau, lure berjenis ini idealnya mempunyai panjang 4cm - 25cm dengan berat 4gram - 25gram.
Lure jenis ini mempunyai perbedaan dengan stickbait  dari sisi bagian depan yaitu bentuk mulut. Jika stickbait mempunyai bentuk mulut cenderung rata miring ke atas kalau pencil bait mempunyai bentuk mulut runcing di bagian depan. Karena lure jenis ini cara memainkan dengan fast retrive maka bagian mulut dibuat runcing agar bisa dengan cepat membelah air ketika lure ditarik dengan cepat.
Beberapa foto saat lure pencil bait tipe floating digunakan di perairan air tawar :

Landed Jungle Perch dengan pencil bait dari Trevalure

Landed ikan gabus menggunakan pencil bait
Beberapa foto saat lure pencil bait tipe floating digunakan di perairan air payau :

Landed Archer fish dengan pencil bait

Landed Mangrove Jack dengan pencil bait

Tipe yang kedua yaitu pencil bait sinking, lure jenis ini biasanya digunakan untuk mengincar ikan - ikan di perairan air asin dengan teknik casting maupun popping. Ikan penghuni karang dangkal maupun ikan pelagis sangat menyukai lure jenis ini karena action lure ini sangat natural menyerupai ikan kecil yang sedang panik. 

Pencil bait sinking berbahan kayu dari Trevalure

Lure jenis ini idealnya mempunyai panjang 5cm - 30cm dengan berat 8gram - 120gram, lure ini biasanya digunakan untuk memainkan piranti pancing kelas berat namun lure ini juga tersedia untuk piranti pancing kelas ringan. Memainkan lure ini bisa dari pinggiran pantai ataupun di tengah laut menggunakan kapal dengan target ikan Kuwe, ikan Tenggiri, ikan Barracuda, ikan Talang - talang.

Landed ikan Talang - talang dengan teknik Landbase casting

Untuk memancing dengan piranti kelas berat disarankan untuk mencari lure dengan bahan kayu, kenapa demikian? Karena lure berbahan kayu sangatlah kuat tidak mudah retak jika disambar ikan predator bergigi tajam. Kualitas handmade lure saat ini juga tidak kalah dengan kualitas lure pabrikan karena dari segi bahan, pengerjaan, dan finishing sudah dikontrol dengan sangat baik. Beberapa gambar lure yang ditampilkan oleh penulis adalah lure handmade dari merk Bronx_lure yang berasal dari kota Magelang dan merk Trevalure yang berasal dari kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar