Senin, 11 Mei 2020

Mengenal berbagai jenis umpan buatan/ lure untuk memancing


Beberapa macam jenis lure

Berbagai jenis umpan buatan untuk memancing ikan baik di air asin atau saltwater maupun di air tawar atau freshwater sudah banyak di produksi. Saat ini umpan buatan ada yang di produksi pabrikan maupun diproduksi secara handmade atau buatan tangan. Artificial lure buatan tangan kualitasnya tidak kalah dengan buatan pabrik karena dari segi action sudah mengalami banyak tes uji coba serta kualitas bahan dan finishing sudah benar-benar dijaga kualitasnya.

Beberapa tes uji coba action lure berdasarkan bentuk https://youtu.be/fsokYl7mQcs. Umpan buatan atau artificial lure bisa dikelompokan dalam berbagai karakteristik, salah satunya berdasarkan bentuk artificial lure tersebut.

Beberapa contoh artificial lure :

1. POPPER

Lure popper action splasher
Lure Popper action splasher

Popper adalah artificial lure yang termasuk dalam kategori top water/ dipermukaan air karena artificial lure ini mengambang atau berada di permukaan air. Artificial lure ini mempunyai action splash ketika disentak karena cekungan yang dibentuk tepat di mulut artifial lure tersebut sehingga bisa mengeluarkan bunyi pop pop maka dari itu artificial lure ini dinamakan popper.

Penggunaan artificial lure berjenis popper ini sangatlah efektif untuk memancing ikan- ikan pelagis di laut, seperti ikan cendro, ikan barrakuda, ikan kuwe, ikan tenggiri. Dengan splashnya popper selayaknya ikan-ikan kecil yang sedang panik dan mengundang para ikan predator untuk memburu.

Tidak hanya di saltwater namun di area freshwater artificial lure berjenis popper ini cukup efektif untuk menipu ikan-ikan predator penghuni air tawar seperti ikan mahseer, ikan hampala, dan keluarga ikan snakehead.

2. MINNOW

Lure minnow tipe floating

Artificial lure yang satu ini memiliki lidah yang berfungsi untuk membelah air yang menyebabkan lure tersebut berenang bergeol selayaknya ikan di dalam air. Action artificial lure ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu medium water/ air sedang dan deep water/ air yang dalam. Lure minnow yang mempunyai action di medium water yaitu minnow yang berlidah pendek, serta lure minnow yang mempunyai action deep water yaitu lure minnow yang berlidah panjang.

Banyak variasi cara memainkan artificial lure ini, baik dengan cara di retrive biasa maupun dengan cara di jerk/ menyentakan. Penggunaan artificial lure berjenis minnow ini sangatlah efektif untuk memancing ikan- ikan laut di air tengah maupun air dalam seperti ikan kerapu, kakap merah, dan keluarga ikan emperor.

Tidak hanya di laut namun di area sungai artificial lure berjenis minnow ini cukup efektif untuk menipu ikan-ikan predator penghuni air tawar seperti ikan mahseer, ikan hampala, dan keluarga ikan snakehead.

3. SWIMBAIT

Swimbait tipe sinking

Swimbait dikenal sebagai artificial lure yang cukup jitu untuk memancing landbase dengan teknik casting. Cara memainkan articial lure ini dengan cara menyentak stop & go. Banyak variasi cara untuk memainkan artificial lure yang satu ini, bisa dengan fast retrive ataupun slow retrive.

Dari segi bentuk artificial lure ini sangat mirip dengan pencil bait tipe floating/ mengambang namun lure swimbait ini bertipe sinking. Seperti pada artificial lure lainnya, lure ini bisa digunakan di laut ataupun di sungai untuk mengelabuhi ikan- ikan predator.

4. PENCIL BAIT

Stickbait tipe floating action walk the dog

Pencil bait sudah tidak asing lagi di kalangan para castinger yang sering mancing di freshwater. Artificial lure ini sangat digemari oleh para pemancing pencari sensasi, karena action lure ini di permukaan air sehingga ketika ikan menyambar lure sambarannya akan terlihat jelas oleh angler/ pemancing.

Pencil bait sangat efektif digunakan untuk mengelabuhi ikan predator di arus deras seperti ikan hampala & ikan mahseer. Actionnya yang bergeol ke kanan ke kiri seperti anjing sedang berjalan hingga action artificial lure ini mendapat julukan walk the dog.


2 komentar: